INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

I.      Pendahuluan

 Interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksi adalah komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung. Jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

Salah satu kegiatan interaksi manusia dan komputer adalah penggunaan televisi, yaitu bagaimana manusia menggunakannya, apakah mudah atau kesulitan pada saat menggunakannya pertama kali. Kami melakukan observasi kepada pengguna televisi apa saja interaksi pengguna dan objek yang terjadi.

II.   Metode Observasi

Observasi yang kami lakukan adalah kepada seorang anak SMA. Kami mengamati semua interaksi yang di lakukan antara pengguna kepada objek,  apa saja langkah yang di lakukan oleh pengguna untuk mengatur tv tersebut agar channel chanel tersebut mendapat siaran tv.

III.        Hasil Observasi

 Setelah mengamati semua kegiatan pengguna, terdapat beberapa kendala dalam pengaturan tv, terlihat bahwa fisik dari remot tv kurang nyaman karena memiliki tombol yang kurang besar. Apalagi bila di gunakan oleh orang yang usia lanjut, akan sedikit sulit karena tulisan dan juga tombol kecil. Dan juga bahasa  dalam pengaturan, bagi beberapa orang bahasa inggris pada tv membuat pengguna kurang paham karena kurang mengerti dengan bahasa tersebut.

1

 

 

Dalam pengaturannya tidak terlalu sulit karena kita hanya tinggal menakan tombol pada Menu->Preset kemudian arahkan panah pada kata perintah Search kemudian tekan arah “ -> “ dan tungggun hingga selesai, seperti gambar di bawah ini.

2 

3

 

Dan berikut hasil ahir dari pengaturan yang telah selsai, smua channel sudah mendapat siaran tv.

 4

 Untuk orang yang lanjut usia, pasti akan kesulitan untuk mengatur tv tersebut, karena desain gambar pada pengaturan sulit di mengerti. Tidak hanya orang lanjut usia, orang dewasa pun akan medapat kesulitan jika tidak terbiasa menggunakannya (Pengaturan).

 

IV.            Analisa

Dari kegiatan Interaksi pengguna dan objek yang mempersulit adalah desain gambar pada pengaturan tv, dimana gambar yang terdapat di pengaturan tidak umum bagi pengguna tv awam, dan juga kadang berbeda beda setiap merek tv. Di samping aspek gambar, aspek pengetahuan dan kemampuan pengguna pun membuat suatu interaksi ini sedikit sulit atau mungkin sangat sulit.

Seperti pada teori Prinsip kegunaan (Usability).

Human Capabilities

 

User perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang :

– Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)

Pengguna harus mempunyai indra yang baik agar tidak kesulitan dalam berinteraksi dengan objek tersebut, dan memiliki pengetahuan tentang penggunaan alat/objek tersebut.

Memorability

Bagaimana kemampuan pengguna mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu? Kemampuan mengingat didapatkan dari peletakkan menu yang selalu tetap.

Pada kegiatan sehari hari pun banyak terdapat masalah seperti ini, manusia kurang jeli dalam memahami kode kode atau istilah yang ada, dan itu semua menyebabkan pelanggaran pelanggaran yang terjadi. Seperti contohnya rambu rambu lalulintas yang sering kita lihat, dan pada kenyataanya masyarakat banyak yang tidak mengerti, seperti rambu dilarang menyalip, kebanyakan orang tetap menyalip walaupun sudah terdapat rambu tersebut. Itulah salah satu contoh di kegiatan sehari hari, memang bukan hanya desain gambar yang harus di perjelas tapi juga kemampuan manusia yang harus di tingkatkan.

===============================

Arief Hamid                       27111769

M. ilham Utama               24111871            

===============================

Leave a comment